Kesehatan

Beragam Gangguan Penglihatan Tidak Terkait Umur

287
×

Beragam Gangguan Penglihatan Tidak Terkait Umur

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi pemeriksaan mata (DOKUMEN TEMPO)

JAKARTA (29/12/2023), BAMSOETNEWS.COM — Tidak semua gangguan penglihatan lantaran bertambah usia seseorang. Gangguan penglihatan bisa terjadi kepada siapa saja, jika terjadi kerusakan permanen pada mata.

“Penting untuk tak menganggap perubahan penglihatan itu normal, bagian yang tak bisa dihindari karena usia,” ujar dokter mata Carl Danzig yang juga direktur Vitreo-Retinal Services di Rand Eye Institute di Deerfield Beach, Florida, kepada HuffPost, yang dikutip Jumat (29/12/2023).

Berkurangnya ketajaman penglihatan wajar saja terkait usia tapi ada juga masalah mata dan penyakit lain yang bisa berkembang pada lansia.

“Penuaan meningkatkan risiko berkembangnya masalah mata yang bisa menyebabkan kehilangan penglihatan,” kata Dr. Thomas Patrianakos, dokter mata di Cook County Health di Chicago.

“Pemeriksaan mata lengkap membuat dokter lebih memahami kondisi retina dan saraf optik sehingga mereka bisa mengidentifikasi masalah-masalah potensial dan turun tangan sedini mungkin,” tambahnya.

Berikut gangguan penglihatan yang tak berhubungan dengan usia.

Mata Buram Tiba-Tiba
Perubahan penglihatan terjadi perlahan sepanjang waktu tapi jika tiba-tiba mata buram, waspadalah. Bisa jadi itu gejala degenerasi makula terkait usia (AMD) yang biasa dialami orang berumur 60 tahun ke atas dan bisa menyebabkan kehilangan penglihatan jika tidak ditangani.

Titik Buta di Tengah Mata
Titik buta atau skotoma termasuk gejala AMD. Salah satu jenisnya, AMD kering, bisa jadi pemicu akibat gangguan sel-sel di makula.

Susah Membedakan Warna
Jika susah membedakan warna atau warna tampak buram, bisa jadi ini juga gejala AMD.

Garis Lurus Terlihat Bergelombang
Anda mungkin suka mengalaminya saat mengemudi dan garis lurus pemisah jalan tampak bergelombang. Jangan anggap enteng, segera periksakan ke dokter karena mempengaruhi aktivitas harian seperti membaca, mengemudi, dan melihat wajah orang.

Penglihatan Ganda
Jika mengalaminya, bisa jadi ini gejala mata diabetes seperti glaukoma, retinopati diabetik, edema makular diabetik, dan katarak.

Kilat dan Objek Mengambang
Jika tiba-tiba seperti ada kilat dalam pandangan atau objek mengambang semacam titik, garis, atau berkabut, bisa jadi itu tanda ada sobek di retina atau retina lepas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *