Internasional

Iran Eksekusi Empat Penyabot Terkait Mossad Israel

248
×

Iran Eksekusi Empat Penyabot Terkait Mossad Israel

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan eksekusi (DOKUMEN CYPRUS MAIL)

JAKARTA (29/12/2023), BAMSOETNEWS.COM — Iran pada hari Jumat (29/12/2023) mengeksekusi empat orang, termasuk seorang wanita, yang dituduh sebagai ‘penyabot’ yang mempunyai hubungan dengan dinas intelijen Mossad Israel, kata kantor berita Mizan yang berafiliasi dengan pengadilan.

Eksekusi ini menambah jumlah orang yang dihukum mati pada bulan ini menjadi lima orang dalam perang selama puluhan tahun, yang menyebabkan Iran menuduh Israel melakukan serangan terhadap upaya nuklirnya. Tuduhan yang tidak pernah dikonfirmasi atau dibantah Israel.

“Empat anggota tim sabotase yang terkait dengan rezim Zionis, dieksekusi pagi ini sesuai prosedur hukum,” kata kantor berita tersebut, menuduh mereka melakukan tindakan ‘ekstensif’, yang dipandu oleh petugas Mossad, yang menargetkan keamanan Iran.

Eksekusi yang dilakukan pada hari Jumat di provinsi Azerbaijan Barat terjadi, setelah Iran mengeksekusi mati tersangka kelima agen Mossad pada pertengahan bulan Desember di provinsi tenggara Sistan-Baluchestan.

Kantor berita semi-resmi Tasnim mengidentifikasi empat orang yang dieksekusi pada hari Jumat adalah Vafa Hanareh, Aram Omari, dan Rahman Parhazo, bersama dengan wanita tersebut, bernama Nasim Namazi.

Mereka adalah terpidana utama dalam kasus yang melibatkan 10 pelaku, tambahnya, namun belum jelas apakah sisanya juga akan menghadapi eksekusi.

Kantor berita resmi IRNA memposting klip video berdurasi hampir delapan menit, yang menunjukkan orang-orang tersebut mengakui dugaan kerja sama mereka dengan seorang perwira Mossad di negara tetangga Turki, yang menggunakan dua nama, Tony dan Arash.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *