Ekonomi

Kemenperin Berdayakan IKM Alas Kaki di Jakarta Sneaker Day

281
×

Kemenperin Berdayakan IKM Alas Kaki di Jakarta Sneaker Day

Sebarkan artikel ini
Jakarta Sneaker Day (DOKUMEN KEMENPERIN)

JAKARTA (25/2/2023), BAMSOETNEWS.COM — Kementerian Perindustrian terus mendorong para pelaku industri alas kaki dalam negeri untuk meningkatkan daya saing dan merebut peluang pasar. Salah satu upayanya adalah dengan menggandeng jenama (brand) lokal untuk tampil dalam berbagai ajang yang diselenggarakan penggiat alas kaki di Tanah Air.

Dukungan terhadap industri alas kaki tersebut diwujudkan Balai Besar Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) dengan keikutsertaan dalam Jakarta Sneaker Day – Solebration 2023. Lewat ajang tersebut, BPIPI mengajak beberapa jenama lokal alas kaki untuk tampil pada agenda Sneaker Show dalam rangkaian Jakarta Sneaker Day – Solebration 2023, yang juga merupakan kolaborasi antara komunitas Jakarta Sneaker Day (JSD) dengan ESMOD.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program dari kampanye #IndonesiaMelangkah yang bertujuan untuk mengajak para pelaku industri alas kaki di Indonesia bersama-sama saling mendukung dan berkolaborasi,” jelas Kepala BPIPI Kemenperin Syukur Idayati saat pelaksanaan Sneaker Show di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (25/2/2023).

Upaya ini didasari keinginan untuk membawa industri alas kaki agar semakin berdaya saing. Sebagai salah satu subsektor industri yang berperan terhadap perekonomian, industri alas kaki semakin memiliki tempat di hati masyarakat dan berpeluang besar untuk mengisi pasar dalam negeri. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, pada triwulan IV – 2022, pertumbuhan industri alas kaki mencapai Rp30,8 triliun, dengan nilai ekspor sebesar US$7,7 miliar.

“Pasar domestik luar biasa, namun begitu brand lokal masih kewalahan untuk memenuhi pasar ini. Misalnya, ada beberapa yang belum memiliki workshop sendiri. Maka perlu kolaborasi antara para pelaku industri alas kaki sendiri,” jelas Kepala BPIPI Kemenperin.

BPPI merupakan satuan kerja di bawah Kemenperin yang fokus mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) alas kaki. BPIPI membina IKM alas kaki untuk dapat meningkatkan kualitas produknya. Gerakan #IndonesiaMelangkah mendorong keterlibatan para pelaku usaha alas kaki dari hulu ke hilir dengan mengusung semangat kebersamaan, kecintaan pada profesi, dan komitmen untuk terus berkembang.

BPIPI telah aktif bersinergi dengan Jakarta Sneaker Day sejak tahun 2018 dengan terus menghadirkan jenama-jenama lokal. Dalam kesempatan ini, BPIPI menghadirkan jenama lokal pada sneaker show, antara lain Artemis Ethereal, Bitka, Brundi, Footwear Emba, Kanky, Ortuseight, Pijakbumi, dan Prabu Indonesia.

CEO Kanky, Alfonsus Ivan Kurniadi memberikan apresiasi kepada pemerintah terhadap dukungan yang diberikan untuk IKM alas kaki melalui program pelatihan, penyuluhan hingga gelaran pameran untuk memperkenalkan jenama lokal.

“Kami berharap bisa menjadi tuan di negeri sendiri. Banyak support pemerintah dan penggiat sneakers untuk menggaungkan produk lokal ini,” lanjut Alfonsus yang juga menggelar booth di JSD – Solebration 2023 lalu. (PERS RILIS KEMENPERIN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *