Senator

Ketua DPD Dorong Pemkab Bantu Perajin Tahu Bangun Pembuangan Limbah

64
×

Ketua DPD Dorong Pemkab Bantu Perajin Tahu Bangun Pembuangan Limbah

Sebarkan artikel ini
Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (DOKUMEN DPD RI)

SURABAYA (9/1/2024), BAMSOETNEWS.COM — Perkumpulan UMKM Tahu Jombang ‘Sumber Berkah’ mengadu kepada Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Pada Kamis (4/1/2024), para perajin tahu di Jombang didatangi petugas Polda Jatim terkait pembuangan limbah. LaNyalla pun meminta kepada Pemkab Jombang untuk memfasilitasi perajin tahu dalam membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

“Yang menjadi keluhan mereka adalah, para perajin tahu ini tak memiliki instalasi pengolahan limbah, karena biaya yang besar. Untuk lahan, mereka sudah menyediakannya. Ini yang perlu didorong dan difasilitasi,” kata LaNyalla di sela kunjungan kerjanya ke Jawa Timur, Selasa (9/1/2024).

Berdasarkan surat yang ditujukan kepada Ketua DPDbernomor 03.006/SB-TJ/I/2024 tertanggal 7 Januari 2024, Perkumpulan UMKM Tahu Jombang ‘Sumber Berkah’ yang beranggotakan 82 orang menyatakan komitmennya untuk membuat IPAL skala komunal.

“Akan tetapi sampai hari ini belum ada penanganan dan sentuhan dari Pemkab Jombang. Artinya, mereka sesungguhnya berkomitmen terhadap hal itu. Komitmen ini harus kita dukung, agar perajin tahu yang berkontribusi terhadap PAD Jombang tak melulu dihadapkan pada masalah hukum,” kata LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu meminta Pemkab Jombang menyambut komitmen perajin tahu untuk bersama-sama membangun IPAL. “Pemkab Jombang perlu hadir dalam persoalan yang dihadapi pengrajin tahu,” ujar LaNyalla.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *