Teknologi

Samsung Galaxy S24 Ultra Hadirkan Kamera 5x Baru dan Snapdragon 8 Gen 3

156
×

Samsung Galaxy S24 Ultra Hadirkan Kamera 5x Baru dan Snapdragon 8 Gen 3

Sebarkan artikel ini
Samsung Galaxy S24 Ultra (DOKUMEN GSMARENA)

JAKARTA (18/1/2024), BAMSOETNEWS.COM — Samsung Galaxy S24 Ultra hadir membawa segudang pembaruan, dengan tetap mempertahankan formula pendahulunya. Secara visual, Galaxy S24 Ultra terlihat sangat mirip dengan S23 Ultra, tetapi terdapat perubahan yang mencolok. Rangkanya sekarang terbuat dari paduan titanium, bukan aluminium. Titanium lebih tahan lama dan tahan gores dibandingkan aluminium tanpa menambah bobot – Galaxy S24 Ultra sebenarnya satu gram lebih ringan dibandingkan S23 Ultra. Ultra baru ini sedikit lebih tipis (0,3 mm), dan lebih pendek (1,1 mm), berkat bezel yang lebih ramping. Dari segi kaca, S24 Ultra menggunakan Gorilla Glass Armor baru di bagian depan dan belakang yang 4x lebih sulit retak dan 75% lebih sedikit reflektif.

Galaxy S23 Ultra membuat layarnya tidak terlalu melengkung, kini Galaxy S24 Ultra membuatnya benar-benar datar – bergembiralah pecinta pelindung layar kaca! Bagian tengahnya sekali lagi adalah layar QHD+ Dynamic AMOLED 2X 6,8 inci dengan kecepatan refresh variabel mulai dari 1Hz hingga 120Hz. Namun Samsung menghadirkan panel 2.600 nit yang jauh lebih terang dengan Vision Booster yang ditingkatkan.

Berbeda dengan Galaxy S24 dan Galaxy S24+, Ultra menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 di setiap pasar. Ini sekali lagi merupakan varian ‘untuk Galaxy’ dengan, mungkin, inti Prime dengan clock lebih tinggi. Samsung telah menempatkan ruang uap hampir dua kali lebih besar di dalam Galaxy S24 Ultra, yang akan membantu kinerja termal di semua tugas.

Chip baru ini telah mengaktifkan sejumlah fitur AI di Galaxy S24 Ultra. Terjemahan Langsung, Juru Bahasa, dan Bantuan Obrolan memungkinkan terjemahan suara dan teks dua arah secara real-time. Terjemahan Langsung ada di dalam aplikasi telepon asli, Interpreter adalah aplikasi layar terpisah yang mentranskrip percakapan langsung antara dua orang dalam dua bahasa berbeda. Chat Assist membantu membuat percakapan yang diterjemahkan menjadi alami dan hidup di dalam Keyboard Samsung. Fitur-fitur ini berfungsi dalam 13 bahasa saat diluncurkan.

Android Auto akan merangkum pesan masuk dan menyarankan balasan – misalnya mengirimkan ETA Anda kepada seseorang.

Di dalam Samsung Notes, Note Assist akan merangkum catatan, membuat templat dan sampul, serta menyederhanakan catatan dengan format yang telah dibuat sebelumnya.

Transcript Assist akan mentranskripsikan, meringkas, dan menerjemahkan rekaman menggunakan AI dan Speech-to-Text.

Circle to Search adalah fitur berbasis isyarat yang dibuat bekerja sama dengan Google. Cukup tekan lama tombol beranda dan Anda akan dapat melingkari, menyorot, mencoret-coret, atau mengetuk apa pun di layar untuk mendapatkan hasil pencarian – seperti nama landmark di latar belakang foto seseorang di Instagram.

AI juga merupakan bagian besar dari sistem kamera pada Galaxy S24 Ultra, tetapi perangkat kerasnya menjadi yang pertama. Galaxy S24 Ultra menghadirkan kamera telefoto 50MP 5x (115mm) baru dengan stabilisasi optik dan lensa f/3.4. Sensornya berukuran 1/2,52 inci (mungkin IMX854), yang merupakan peningkatan nyata dibandingkan kamera 10MP 1/3,52 inci di belakang kamera 10x Galaxy S23 Ultra. Samsung mengatakan kamera 5x baru mampu menghasilkan bidikan 10x lebih baik dibandingkan kamera lama.

Kamera lainnya tampaknya sama – unit sudut lebar 200MP 23mm f/1.7, kamera ultrawide 12MP 13mm f/2.2 dengan AF, dan telefoto pendek 10MP 69mm f/2.4. Di bagian depan, ada kamera selfie 12MP 26mm f/2.2.

Kembali ke AI. Yang baru tahun ini adalah ProVisual Engine dan Blok ISP khusus untuk pengurangan kebisingan. ProVision Engine adalah kumpulan alat yang didukung AI – Anda dapat menghapus objek dan membiarkan AI mengisi ruang kosong dengan Generative Edit. Bisa juga mengisi ruang kosong yang tercipta dengan meluruskan bidikan yang bengkok. Gerakan Lambat Instan dapat menghasilkan bingkai tambahan untuk memperlambat momen dalam video dengan lancar.

Nightography telah ditingkatkan berkat sudut stabilisasi gambar optik yang lebih baik dan kompensasi guncangan tangan yang ditingkatkan. Blok ISP khusus untuk kamera depan dan belakang akan mengatasi kebisingan.

Terakhir, Super HDR akan menampilkan pratinjau HDR di jendela bidik aplikasi kamera sebelum Anda mengambil foto dan menampilkan foto dan video dalam HDR di Galeri.

Galaxy S24 Ultra memiliki baterai 5.000mAh dengan pengisian kabel 45W dan nirkabel 15W. Ponsel ini dikirimkan dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB, 512GB, atau 1TB. Dari segi perangkat lunak, S24 Ultra menjalankan Android 14 dengan One UI 6.1 dan akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang luar biasa selama 7 tahun.

Galaxy S24 Ultra tersedia untuk pre-order mulai hari ini dalam warna Titanium Grey, Titanium Black, Titanium Violet, dan Titanium Yellow. Seperti tahun lalu, Samsung akan menawarkan peningkatan penyimpanan gratis bagi mereka yang melakukan pre-order sehingga Anda bisa mendapatkan model 512GB dengan harga yang sama dengan model 256GB, dan seterusnya, tetapi pastikan Anda memesan versi yang lebih tinggi – ini akan diberi harga seperti yang lebih rendah saat pre-order dibuka.

Galaxy S24 Ultra mulai dari US$1.300 untuk model 12GB/256GB, atau €1.450 di Eropa tetapi di sana Anda hanya mendapatkan RAM 8GB dengan penyimpanan 256GB karena alasan tertentu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *