Film

Golden Globes 2024, Cara Menonton dan Siapa yang Dinominasikan

306
×

Golden Globes 2024, Cara Menonton dan Siapa yang Dinominasikan

Sebarkan artikel ini
Ryan Gosling dan Margot Robbie dinominasikan untuk penghargaan akting, menyusul kesuksesan besar Barbie. (BBCNEWS/GETTY IMAGE)

JAKARTA (7/1/2024), BAMSOETNEWS.COM — Bintang-bintang Hollywood bersiap menyambut Golden Globe Awards, setelah tahun yang luar biasa bagi dunia perfilman dengan ‘Barbie’ dan ‘Oppenheimer’ mendominasi box office. ‘Killers of the Flower Moon’, ‘Poor Things’, dan ‘Past Lives’ termasuk di antara nominasi lainnya pada upacara yang akan berlangsung di Los Angeles nanti.

‘Succession’, ‘The Crown’ dan ‘The Last of Us’ dinominasikan dalam kategori TV.

Globes menandai acara besar pertama musim penghargaan film, yang berpuncak pada Oscar pada 10 Maret.

Ada beberapa kategori baru di Golden Globes tahun ini, termasuk kategori yang mengakui pencapaian box office.

Nominasi Utama
9 nominasi- Barbie
8 – Oppenheimer
7 – Killers of the Flower Moon
7 – Poor Things
5 – Past Lives
4 – May December
4 – Anatomy of a Fall
4 – Maestro

Emma Stone, Sandra Huller, Lily Gladstone dan Carey Mulligan termasuk di antara nominasi dalam dua kategori aktris terbaik – yang dibagi berdasarkan drama dan musikal atau komedi. Paul Giamatti, Jeffrey Wright, Leonardo DiCaprio dan Bradley Cooper diakui dalam dua kategori aktor terbaik.

Pemeran Danielle Brooks menghadiri pemutaran perdana film ‘The Color Purple’ di Los Angeles, California, AS, pada 6 Desember 2023. (BBCNEWS/REUTERS)

Bagaimana Menonton Golden Globes?
‘The Color Purple’ dinominasikan untuk film musikal atau komedi terbaik, sementara bintang Danielle Brooks dinominasikan untuk aktris pendukung terbaik. Golden Globe Awards akan disiarkan di jaringan CBS di AS dan juga disiarkan di seluruh dunia di Paramount+.

Acara dimulai pada 01:00 GMT dan biasanya berlangsung antara tiga hingga empat jam. Ini disiarkan langsung dari Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California.

Emma Stone dan Mark Ruffalo, di The Graham Norton Show belum lama ini, dinominasikan untuk ‘Poor Things’. (BBCNEWS)

Siapa yang Dinominasikan Tahun Ini?
‘Barbie’ adaptasi layar lebar kehidupan plastik karya Greta Gerwig, memimpin di Globes dengan sembilan nominasi. Namun, tiga nominasi tersebut berada dalam kategori yang sama. Billie Eilish, Dua Lipa, dan Ryan Gosling semuanya mendapat pujian atas lagu-lagu yang mereka sumbangkan untuk soundtrack film tersebut.

‘Barbie’ menghasilkan US$1,44 miliar di box office global, dan dirilis pada hari yang sama dengan ‘Oppenheimer’ yang menghasilkan US$953 juta dan memiliki delapan nominasi.

Film biografi Christopher Nolan tentang penemu bom nuklir, J Robert Oppenheimer, sangat berbeda, tetapi penonton berbondong-bondong menonton kedua film tersebut selama musim panas.

Ada tujuh nominasi untuk ‘Killers of the Flower Moon’ karya Martin Scorsese, yang berkisah tentang anggota suku Osage yang dibunuh secara brutal pada tahun 1920-an, ketika pemukim kulit putih berusaha pindah ke tanah mereka, didorong oleh keserakahan terhadap minyak.

‘Poor Things’ juga dinominasikan dalam tujuh kategori. Adaptasi Yorgos Lanthimos terhadap novel berjudul sama menampilkan Emma Stone berperan sebagai bayi yang otaknya telah ditransplantasikan ke tubuh wanita dewasa, dan melanjutkan petualangan penemuan jati diri di seluruh dunia.

Debut penyutradaraan Celine Song, ‘Past Lives’, memiliki lima nominasi. Film ini tentang seorang wanita yang tinggal di AS, yang berhubungan kembali dengan pria yang merupakan sahabatnya di sekolah ketika dia tumbuh besar di Korea Selatan.

Ada empat nominasi masing-masing untuk film biografi Leonard Bernstein Maestro, drama ruang sidang ‘Anatomy of a Fall’ dan ‘May December’, tentang seorang aktris yang menghabiskan waktu dengan subjek kehidupan nyata dari film berikutnya, seorang wanita yang menjadi pusat skandal tabloid.

Komika Jo Koy saat wawancara dengan pembawa acara Seth Meyers pada 14 September 2022. (BBCNEWS/GETTY IMAGE)

Siapa Pembawa Acara Golden Globes?
Acara Golden Globes dipandu oleh komedian dan aktor AS, Jo Koy. Meski bukan nama besar di Inggris, pria berusia 52 tahun ini sebelumnya pernah menjadi bintang tamu acara spesial untuk Comedy Central dan Netflix. Penghargaan aktingnya termasuk dalam ‘Haunted Mansion’ dan ‘Awkwafina Is Nora from Queens’.

Dalam sebuah pernyataan, Koy mengatakan, “Saya telah melangkah ke banyak panggung di seluruh dunia dalam karier saya, tapi yang ini akan menjadi sangat spesial. Saya sangat bersemangat menjadi pembawa acara… Ini adalah momen di mana saya bisa membuat keluarga Filipina saya bangga. Mahal Kita (Google it)!”

Kami mencarinya di Google, dan Mahal Kita adalah ungkapan Filipina yang berarti “Aku cinta kamu”.

Emily Blunt, Cillian Murphy dan Florence Pugh, tiba untuk sesi foto Oppenheimer di Trafalgar Square di London, Rabu 12 Juli 2023. (BBCNEWS)

Apa Saja Kategori Barunya?
‘Oppenheimer’, dibintangi Emily Blunt, Cillian Murphy dan Florence Pugh, dinominasikan untuk pencapaian box office. Delapan dari film dengan pendapatan tertinggi, paling banyak mendapat pujian, atau paling banyak ditonton tahun ini dinominasikan dalam kategori pencapaian sinematik dan box office baru.

Hal ini sebagian merupakan upaya untuk memastikan film sukses box office seperti ‘Barbie’ dan ‘Oppenheimer’ diakui, tetapi juga merupakan cara bagi Globes untuk menghadirkan berbagai jenis film dan mengundang lebih banyak selebriti ke acara tersebut.

Taylor Swift dinominasikan untuk film konsernya ‘The Eras Tour’. Film-film arus utama yang biasanya tidak muncul selama musim penghargaan juga diakui, dengan nominasi untuk film terbaru John Wick, ‘Mission: Impossible’, dan ‘Guardians of the Galaxy’.

Kategori baru lainnya adalah stand-up comedian terbaik di televisi. Nominasinya adalah Ricky Gervais, Trevor Noah, Chris Rock, Amy Schumer, Sarah Silverman dan Wanda Sykes.

Apakah Globes Masih Kontroversial?
Organisasi yang berada di balik Golden Globes, Hollywood Foreign Press Association (HFPA), menimbulkan kontroversi pada 2021 karena tuduhan korupsi dan kurangnya keberagaman dalam lembaga pemungutan suara.

Penghargaan tahun 2022 dikurangi secara dramatis. Jumlah anggota badan pemungutan suara meningkat dari sekitar 90 menjadi 300 selama tiga tahun berikutnya, dan kini jauh lebih beragam.

HFPA dibubarkan menyusul kontroversi tersebut dan acara tersebut dijual ke Eldridge Industries dan Dick Clark Productions.

Masih ada pertanyaan mengenai apakah Globes akan diizinkan kembali ke Hollywood, tetapi sebagian besar bintang kembali ke acara tersebut pada tahun 2023 karena rumor boikot gagal terwujud.

Namun perluasan keanggotaan ini juga menimbulkan permasalahan tersendiri. Beberapa anggota mengancam akan abstain dari pemungutan suara setelah mengetahui bahwa mereka tidak diundang pada upacara tahun ini.

Jodie Foster dan Annette Bening di Bay Theater, Pacific Palisades, California. (BBCNEWS/GETTY IMAGE)

Mengapa Golden Globes Penting?
Jodie Foster dan Annette Bening sama-sama dinominasikan dalam Golden Globes, yang secara tradisional merupakan acara lebih meriah dibandingkan banyak acara lainnya di musim penghargaan film.

Berlangsung pada minggu pertama bulan Januari, para tamu selebriti biasanya dalam suasana hati yang baik, baru saja menyelesaikan liburan Natal, dan siap untuk menikmati minuman. Sebaliknya, penghargaan Film Bafta dan Oscar merupakan acara yang lebih formal dan penghargaannya lebih bergengsi.

Namun kemenangan di Golden Globes dapat menambah momentum signifikan bagi kampanye penghargaan, di mana para penerima penghargaan diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato penerimaan yang meriah di TV pada saat para pemilih Oscar sedang mempertimbangkan nominasi mereka sendiri.

Ada peluang yang jauh lebih tinggi untuk mendapatkan nominasi Golden Globe daripada nominasi Oscar. Ada total 20 slot yang tersedia dalam kategori akting film di Academy Awards, dibandingkan dengan 36 slot di Globes.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *