Respons

Pantau Perkembangan Penyakit Malaria dan Update Data Jumlah Kasus

392
×

Pantau Perkembangan Penyakit Malaria dan Update Data Jumlah Kasus

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (9/2/2023), BAMSOETNEWS.COM — Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong pemerintah daerah setempat agar segera melaporkan kondisi dari penularan kasus penyakit malaria, sehingga penanganan yang cepat dan tepat dapat diupayakan oleh pemerintah pusat. Sebagaimana diketahui penularan penyakit malaria mulai menyebar di sejumlah wilayah, salah satunya di wilayah Kalimantan Timur yang telah terdata sebanyak 61 kasus positif malaria.

“Meminta Kemenkes bekerja sama dengan Dinas Kesehatan di seluruh wilayah, agar bersama memantau perkembangan kasus penyakit malaria, di samping mengupdate data jumlah kasus penyakit malaria di seluruh wilayah,” kata Bamsoet di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Dinkes, menurut Bamsoet, agar memfokuskan kegiatan pembasmian nyamuk malaria melalui penyemprotan atau fogging yang dilakukan secara berkala, di samping menggencarkan edukasi kepada masyarakat terkait pola 3M yakni menguras bak mandi, menutup genangan air, dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik nyamuk. Hal ini diperlukan guna memberikan pemahaman yang baik mengenai cara-cara pencegahan dari penularan penyakit malaria.

Selain itu, meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap penularan penyakit malaria, khususnya yang tinggal atau berdomisili di lingkungan hutan. Masyarakat yang terindikasi positif menderita penyakit malaria tersebut mayoritas merupakan perajin kayu atau pekerja perusahaan perkebunan.

“Meminta komitmen seluruh stakeholder terkait untuk saling mendukung dan terintegrasi dalam pencegahan maupun penanganan penyakit malaria, dikarenakan dibutuhkannya upaya bersama dalam mencegah serta menanggulangi penyakit malaria, terutama dalam mendukung tercapainya target eliminasi malaria pada 2030,” tandasnya. (PERS RILIS MPR RI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *