Respons

Utamakan Keselamatan Awak Pesawat yang Disandera OPM

177
×

Utamakan Keselamatan Awak Pesawat yang Disandera OPM

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (9/2/2023), BAMSOETNEWS.COM — Keberadaan Pilot dan lima penumpang pesawat Susi Air dikabarkan masih dalam proses pencarian, usai dikabarkan disandera Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) setelah kelompok separatis itu membakar Pesawat Susi Air pada Selasa (7/2/2023) di Lapangan Terbang Paro, Kabupaten Nduga.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan keprihatinan atas insiden yang terjadi, dan meminta tim gabungan dari Operasi Damai Cartenz untuk terus menginvestigasi secara mendalam insiden tersebut, dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan para awak pesawat yang dikabarkan disandera.

“Meminta aparat dan tim gabungan terkait untuk menyusun strategi yang tepat dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat setempat, sehingga diharapkan adanya komunikasi serta kesepakatan yang baik guna menyelesaikan konflik yang terjadi di samping menjamin keselamatan para awak juga penumpang Pesawat Susi Air. Sementara keterbatasan akses telekomunikasi menjadi kendala pencarian,” kata Bamsoet, Kamis (9/2/2023).

Bamsoet meminta Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara bekerja sama dengan pihak terkait, dalam meningkatkan keamanan penyelenggara bandara. Selain selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat guna mencegah berulangnya insiden serupa.

“Meminta komitmen Kemenhub untuk mengevaluasi keamanan di sekitar lapangan terbang Paro, juga di seluruh lapangan terbang lainnya yang berada di wilayah rawan konflik. Hal ini diperlukan guna memastikan keamanan di wilayah tersebut diterapkan secara maksimal,” tandas Bamsoet. (PERS RILIS MPR RI)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *