Respons

Pemerintah Diminta Serius Menangani Kasus HIV/AIDS yang Masih Tinggi

225
×

Pemerintah Diminta Serius Menangani Kasus HIV/AIDS yang Masih Tinggi

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (27/1/2023), BAMSOETNEWS.COM — Terkait masih tingginya kasus HIV/AIDS di sejumlah wilayah, salah satunya di DIY, setidaknya kasus baru yang muncul per tahunnya mencapai rata-rata 500 kasus, dengan kasus kumulatif hingga 2022 sebanyak 6.377 kasus, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk secara serius menangani kasus-kasus HIV/AIDS yang ada, khususnya memprioritaskan daerah dengan kasus HIV/AIDS yang tinggi seperti DIY.

“Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan, untuk dapat terus menjamin ketersediaan obat-obatan untuk penderita HIV/AIDS, di samping memastikan layanan kesehatan bagi penderita atau Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) diberikan secara maksimal,” kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Bamsoet juga mendorong pemerintah untuk melibatkan tokoh masyarakat hingga tokoh agama dalam memberikan dan menyampaikan pesan, agar masyarakat khususnya pada kelompok usia remaja cara menghindari penularan HIV, melalui edukasi yang baik. Diharapkan edukasi yang diberikan, dapat menjadi bekal.

Selain itu, Bamsoet meminta komitmen pemerintah untuk terus _concern_ melakukan langkah/upaya penanggulangan HIV/AIDS, mulai dari menggencarkan penemuan kasus yang meliputi skrining, testing dan tracing hingga melakukan pencegahan perilaku berisiko.

“Meminta masyarakat untuk secara bijak menghilangkan stigma negatif terhadap ODHA, dengan tidak mengucilkan atau menjauhi penderita HIV,” tandasnya. (PERS RILIS MPR RI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *