Mobilitas

UI Racing Team Ikut European Formula Student Competition 2023

203
×

UI Racing Team Ikut European Formula Student Competition 2023

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima UI Racing Team, di Jakarta, Senin (23/1/2023). (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (23/1/2023), BAMSOETNEWS.COM – Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung para mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam UI Racing Team, yang akan ikut serta dalam European Formula Student Competition 2023, yang berlangsung di Eropa pada Juli 2023. Mereka mewakili Indonesia, yang direncanakan mengikuti race di beberapa negara seperti Spanyol, Austria, Italia, Belanda, dan Hungaria.

“Tim UI Racing Team terdiri atas 20 anggota, dengan 8 divisi. Salah satu pembalapnya yakni Riffat Mumtaz, mahasiswa Teknik Mesin UI 2020. Mereka merakit sendiri kendaraan balap Formula. Dari mulai desain hingga manufaktur. Mobilnya menggunakan mesin motor 650 CC Kawasaki Ninja ER6n. Suspensi menggunakan ohlins untuk formula student edition. Selain juga ditunjang dengan penggunaan aerodinamis yang terbuat dari carbon fiber,” ujar Bamsoet usai menerima UI Racing Team, di Jakarta, Senin (23/1/2023).

Dijelaskan Bamsoet, walaupun masih berstatus mahasiswa, UI Racing Team membuktikan generasi muda bangsa ternyata punya bakat luar biasa dalam melahirkan kendaraan balap bergaya formula. Karena itu keikutsertaan mereka dalam Formula Student Competition 2023, harus didukung berbagai pihak, dari mulai negara melalui BUMN hingga kalangan swasta, dengan terlibat langsung menjadi sponsor,

“Jika di-support dengan baik, mereka akan memiliki pengalaman luar biasa karena bisa ikut serta dalam Formula Student Competition 2023. Kelak mereka bisa menjadi pembalap, engineer, maupun pelaku industri olahraga balap yang membanggakan bagi Indonesia. Dalam event tersebut, tidak hanya terdapat kejuaraan balap melainkan juga ada kejuaraan lainnya, seperti business plan, cost report, dan design engineering competition,” jelas Bamsoet.

Secara teknis, menurut Bamsoet, mobil balap yang dkembangkan UI Racing Team telah memasuki tahap akhir untuk peningkatan performa. Untuk non teknikal, mereka telah memasuki tahap persiapan berkas dan pencarian sponsorship untuk mendukung keikutsertaan di ajang bergengsi tersebut.

“Para sponsor tidak akan rugi mendukung mereka. Karena sebelumnya mereka juga telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan.Antara lain, Top 5 Formula Japan 2018, juara 3 Endurance Event dalam ajang IIMS 2029, juara 1 Business Event dalam ajang IIMS 2019, Top 5 Business Plan dalam ajang Formula Bharat 2022 dan Top 6 Engineering Design dalam ajang Formula Bharat 2022,” pungkas Bamsoet.

Turut hadir antara lain Ketua UI Racing Team Allansyah Putra Dewantoro, Finance UI Racing Team Arfadhila Pyrenadi Adam, Direktur Indonesia Tourism Watch dan Humas and Sponsorship UI Racing Team Tubagus Ryan Aqilla, serta para sponsor lainnya seperti Putri Azzahra Khairunnisa, dan Queena Lastama. (PERS RILIS MPR RI)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *