Respons

Terus Lakukan Langkah Evakuasi Bagi Warga Terdampak Gempa

179
×

Terus Lakukan Langkah Evakuasi Bagi Warga Terdampak Gempa

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (29/4/2024), BAMSOETNEWS.COM — Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas korban musibah bencana gempa bumi termasuk korban luka-luka yang terjadi di Garut. MPR pun meminta pemerintah, BNPB dan BPBD agar terus memberikan bantuan evakuasi ke seluruh warga terdampak bencana gempa. Terutama yang mengalami luka-luka dan pengungsi yang mengalami kerusakan bangunan pada rumahnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Jawa Barat (Jabar) mengungkapkan sebanyak 17 kabupaten dan kota di Jabar terdampak gempa bumi Garut, dengan magnitudo 6,5, Sabtu (27/4/2024). Disampaikan terdapat 11 orang mengalami luka-luka akibat gempa bumi tersebut.

“BPBD agar mendirikan tenda-tenda bagi pengungsi di samping melakukan pendataan dan asesmen di lapangan pada semua masyarakat daerah terdampak, untuk memudahkan koordinasi serta mendata secara keseluruhan kerugian material yang terjadi. Termasuk kerusakan rumah tinggal, bangunan gedung untuk dapat diperhitungkan besaran kerugian yang ditimbulkan, sehingga pemerintah dapat segera mengalokasikan anggaran untuk perbaikan seluruh bangunan terdampak gempa baik rumah maupun fasilitas umum lainnya,” kata Bamsoet di Jakarta, Senin (29/4/2024).

Pemda melalui Dinas Sosial setempat diharapkan agar mengkoordinir bantuan. Seperti kebutuhan logistik, dapur umum dan lainnya hingga bantuan psikososial, untuk para korban gempa yang saat ini masih banyak yang berada di pengungsian.

——————————————–
Kami meringkas berita ini untuk Anda, agar Anda bisa mengetahui perkembangan secara cepat. Jika tertarik untuk mengetahui selengkapnya, silakan BACA TAPAK ASAL
———————————————–

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *