Respons

Tetapkan Batas Aman Dampak Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara

420
×

Tetapkan Batas Aman Dampak Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (18/4/2024), BAMSOETNEWS.COM — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan status erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) menjadi level IV atau awas. Diketahui ratusan warga sudah mengungsi akibat erupsi ini.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Tim SAR, bersama pemerintah daerah setempat untuk segera menetapkan batas aman dari dampak erupsi Gunung Ruang tersebut. Hal ini untuk memastikan warga yang berada di radius bahaya abu vulkanik untuk mengungsi dan dievakuasi menuju ke tempat yang lebih aman.

“Meminta pemerintah melalui Kementerian Sosial dan pemda setempat, untuk segera memberikan bantuan yang dibutuhkan warga pengungsi. Seperti mendirikan dapur umum dan bantuan tenda untuk tempat penampungan dan shelter pengungsi. Termasuk kebutuhan bayi, dan meminta Dinas kesehatan daerah untuk menyiapkan posko kesehatan, serta Dinas PUPR untuk menyiapkan fasilitas umum, air bersih, dan sanitasi untuk para pengungsi,” kata Bamsoet di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

PVMBG agar mengupdate informasi perkembangan Gunung Ruang yang berstatus awas secara berkala kepada masyarakat. Dengan demikian, tim gabungan antara BPBD dan SAR serta relawan dapat mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi dan menyiapkan langkah yang tepat untuk para pengungsi. Seperti diketahui erupsi Gunung Ruang ini disebut berpotensi tsunami yang dapat disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung ke laut.

“Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemensos melalui dinas sodial daerah untuk mengkoordinir bantuan yang dibutuhkan pengungsi, berupa obat-obatan, pakaian, makanan, maupun kebutuhan lainnya yang diperlukan,” tandas Bamsoet.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *