Respons

Lakukan Upaya Antisipasi Lonjakan Mobilitas Saat Libur Panjang Imlek

127
×

Lakukan Upaya Antisipasi Lonjakan Mobilitas Saat Libur Panjang Imlek

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

43JAKARTA (5/2/2024), BAMSOETNEWS.COM — Sehubungan dengan libur panjang Imlek dan Isra Mi’raj pekan ini yang diprediksi akan membuat mobilitas masyarakat meningkat, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengimbau masyarakat, agar tidak melakukan perjalanan keluar kota. Jika terpaksa harus mengatur waktu keberangkatan yang baik, sehingga tidak menghambat masyarakat untuk melaksanakan hak konstitusionalnya dalam pemilu 2024.

“Meminta pemerintah dalam menyambut libur panjang tersebut agar mendorong Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan bersama Korlantas Polri, untuk mulai melakukan upaya-upaya antisipasi lonjakan mobilitas masyarakat saat periode libur panjang Imlek. Antara lain dengan menyiapkan strategi pengaturan atau skema rekayasa lalu lintas di setiap ruas tol maupun non tol. Upaya ini diharapkan mampu mengurai hingga mencegah kemacetan imbas peningkatan mobilitas masyarakat,” kata Bamsoet di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Pemerintah daerah agar turut memperhatikan situasi dan kondisi libur panjang di masing-masing daerah, termasuk memperhatikan destinasi wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan pengunjung. Pengelola wisata diharapkan dapat mengantisipasi dan mengatur dengan baik tempat-tempat wisatanya.

Seperti dengan memastikan kesiapan sarana prasarana hingga SDM nya dalam menangani para pengunjung, melakukan pembatasan jumlah pengunjung maupun jam buka-tutup tempat wisata. Juga tetap menerapkan protokol kesehatan di area wisata. Dengan begitu diharapkan tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19 pascalibur panjang Imlek.

“Meminta pemerintah untuk terus mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan tetap disiplin prokes, khususnya saat bepergian ke tempat-tempat wisata. Pasalnya kasus Covid-19 di Tanah Air masih terdeteksi,” tandas Bamsoet.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *