Respons

Kaji Kembali Importasi Gula Maksimalkan Langkah Jaga Kestabilan Harga

104
×

Kaji Kembali Importasi Gula Maksimalkan Langkah Jaga Kestabilan Harga

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (1/12/2023), BAMSOETNEWS.COM — Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mempercepat importasi gula sebagai respons masih mahalnya harga gula di Tanah Air. Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah, dalam hal ini Kemendag, tidak harus menyikapi masih tingginya harga gula dengan percepatan importasi gula. MPR berpendapat Kemendag harus mengkaji kembali rencana tersebut, dan berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kestabilan harga gula dan meningkatkan produksi gula dalam negeri.

“Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemendag bersama dinas perdagangan daerah melakukan operasi pasar, guna menjaga kestabilan harga gula. Selain menelusuri penyebab masih tingginya harga gula dan menetapkan solusi terbaik untuk itu,” kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Kemendag, bersama aparat kepolisian agar melakukan pengawasan ketat terhadap stok gula dan distribusi gula. Juga memastikan tidak ada produsen ataupun agen yang menumpuk gula di gudang, dan bersikap tegas terhadap oknum yang memainkan harga gula di pasaran.

“Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemendag, bersama tenaga ahli pertanian melakukan identifikasi kesesuaian lahan untuk tebu. Kemudian menetapkan kebijakan perluasan perkebunan tebu rakyat, melakukan revitalisasi pabrik gula, investasi pabrik gula baru, hingga perbaikan pola kemitraan antara pabrik gula dengan petani tebu,” tandasnya. (PERS RILIS MPR RI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *