Berita

Bamsoet Beri Kuliah Umum di Yeungnam University Korea Selatan

180
×

Bamsoet Beri Kuliah Umum di Yeungnam University Korea Selatan

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR Bambang Soesatyo di Yeungnam University, Korea Selatan. (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (20/9/2023) — Ketua MPR yang juga Ketua Indonesia – Korea Network Bambang Soesatyo memberikan kuliah umum tentang tantangan masa depan manusia di Yeungnam University, Korea Selatan. Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Korea Selatan yang didirikan oleh Presiden kedua Korsel Park Chung hee.

Yeungnam University memiliki visi tentang Globalization on Saemaul Undong. Dulunya KorSel adalah negara termiskin, namun saat ini telah menjadi donor country. Banyak negara belajar tentang Saemaul Undong di Yeungnam University.

Bamsoet yang diberikan kepercayaan sebagai Penasihat Kebijakan Ekonomi Provinsi Gyeongsangbuk-Do, Korsel ini menuturkan, Yeungnam University melahirkan banyak alumni sukses. Salah satunya Coach Shin Tae-yong, pelatih timnas sepak bola Indonesia yang berhasil membawa Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir.

“Kesadaran bahwa pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing menjadi kunci kemajuan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan yang sulit diprediksi, telah mendorong berbagai entitas pendidikan di Indonesia untuk menjalin sinergi, kolaborasi, dan kemitraan dengan entitas pendidikan global, termasuk Korea Selatan. Karenanya, saya menyambut baik dan mengapresasi berbagai program kerjasama pendidikan yang telah terjalin antara kedua negara. Baik melalui program pertukaran pelajar, kerjasama penelitian, serta pengembangan riset dan teknologi,” ujar Bamsoet saat memberikan kuliah umum di Yeungnam University Korea Selatan, Rabu (20/9/2023).

Hubungan Korsel dan Indonesia memiliki prospek yang menjanjikan. Khususnya, dalam kerangka membangun hubungan kemitraan strategis antara kedua negara pada berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Merujuk pada ranking pendidikan di dunia tahun 2023 yang disusun oleh Worldtop20org, pendidikan di Korea Selatan menduduki peringkat terbaik kedua di dunia.

“Sebagai negara maju, banyak hal dari Korsel yang dapat kami pelajari. Dalam 78 tahun usia kemerdekaannya, Korsel telah banyak meraih kesuksesan yang tercermin dari tingginya pendapatan perkapita hingga mencapai US$33.390 . Geliat industri diwarnai oleh kehadiran Samsung dan LG yang tumbuh menjadi raksasa teknologi global. Industri otomotif berkembang begitu pesat dan berhasil mengikis dominasi industri otomotif Jepang dan Eropa di pasar global,” tandas Bamsoet. (PERS RILIS MPR RI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *