Otomotif

Berapa Biaya Mengisi Kendaraan Listrik? Ini Jawabannya

145
×

Berapa Biaya Mengisi Kendaraan Listrik? Ini Jawabannya

Sebarkan artikel ini
Mengisi mobil listrik di rumah lebih hemat. (DOKUMEN CARANDDRIVER)

JAKARTA (18/9/2023), BAMSOETNEWS.COM- Menghitung biaya pengisian kendaraan listrik, di rumah dan di jalan, bisa jadi rumit. Bagi empat dari lima pembeli mobil baru yang dapat mengisi daya di rumah, seringkali dalam semalam, biaya per mil hampir selalu lebih murah dibandingkan biaya bensin untuk kendaraan serupa.

Hal ini lebih sulit bagi penghuni apartemen, yang mungkin membayar tarif yang bervariasi kepada perusahaan yang mengoperasikan stasiun pengisian daya di area parkir bersama. Untuk pengisian cepat DC, yang mungkin ingin digunakan pengemudi dalam perjalanan darat yang lebih jauh dari jangkauan kendaraan listrik, harganya bervariasi, tetapi seringkali kira-kira setara dengan harga bensin.

Karena faktor-faktor ini, harga muatan penuh bisa sangat bervariasi. Untuk Tesla Model Y, yang saat ini merupakan EV terlaris, harganya bisa mulai dari US$9 atau hingga US$40, tergantung apakah Anda mengisi daya di rumah atau di pengisi daya cepat Level 3 yang jauh lebih mahal.

Untuk melihat kasus terbaik dan terburuk, kami memilih tiga kendaraan listrik dengan rentang yang beragam: dari kecil hingga besar, dari yang relatif efisien hingga besar dan haus daya. Dan kami melihat tarif rumah tertinggi dan terendah, yang dapat bervariasi antarnegara bagian hingga hampir empat kali lipat. Terakhir, kami menghitung biaya pengisian cepat DC untuk perjalanan darat.

Menghitung Biaya Riil Itu Rumit
Inilah pertanyaan untuk direnungkan: Tahukah Anda berapa yang Anda bayar di rumah untuk satu kilowatt-jam listrik? Hanya sedikit orang yang bisa menjawab pertanyaan itu tanpa melakukan riset. (Biaya rata-rata di AS sekarang adalah sekitar 16 sen per kilowatt-jam; 1 kWh dapat menggerakkan sebagian besar kendaraan listrik sejauh dua hingga tiga mil). Pengemudi kendaraan listrik sering kali mendapatkan keuntungan dari pengurangan tarif dari utilitas listrik mereka yang mendorong pengisian daya ketika permintaan paling rendah, misalnya, dari 11 malam sampai jam 6 pagi

Sedangkan untuk pengisian cepat DC untuk perjalanan darat, harganya rumit. Biayanya bervariasi antarjaringan, mungkin lebih rendah di malam hari, dan mungkin memerlukan atau tidak memerlukan biaya sesi untuk setiap koneksi pengisian daya. Sebagian besar jaringan juga memiliki paket keanggotaan dengan biaya bulanan tetapi tarif per kWh lebih rendah.

Mari Mulai dengan Biaya per 100 Mil
Untuk mempermudah penghitungan dan mari kita bandingkan langsung dengan kendaraan berbahan bakar bensin serupa, kami melihat biaya berkendara sejauh 100 mil di setiap EV. Untuk pengisian daya di rumah, kami menggunakan kisaran peringkat EPA, yang ditentukan berdasarkan campuran penggunaan lokal dan jalan raya. Untuk pengisian cepat DC, kami berasumsi bahwa semuanya adalah jarak tempuh jalan raya dan menggunakan pengujian jarak jalan raya kami sendiri.

Secara keseluruhan, pengisian daya di rumah selalu jauh lebih murah untuk jarak 100 mil dibandingkan membayar bensin untuk kendaraan serupa—hanya seperempat harganya. Di sisi lain, pengisian cepat DC yang digunakan untuk perjalanan darat umumnya lebih mahal daripada bensin. Namun kendaraan yang sangat tidak efisien yang dikendarai di tempat yang harga bensinnya sangat mahal mungkin masih lebih unggul dalam hal pengisian daya di jalan raya.

Kebanyakan kendaraan listrik saat ini menempuh sebagian besar jarak tempuh mereka dengan menggunakan pengisian daya di rumah atau di kantor, sehingga rata-rata tertimbang memberikan keuntungan yang menentukan bagi kendaraan listrik—meskipun hal ini mungkin tidak berlaku bagi penghuni apartemen yang tidak memiliki kemampuan untuk memasang peralatan pengisian daya mereka sendiri. (CARANDDRIVER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *