Berita

‘Bambang Soesatyo News Maker’ Diterbitkan Kolega Wartawan Bamsoet

120
×

‘Bambang Soesatyo News Maker’ Diterbitkan Kolega Wartawan Bamsoet

Sebarkan artikel ini
Buku 'Bambang Soesatyo News Maker'. (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (4/9/2023), BAMSOETNEWS.COM – Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi buku berjudul ‘Bambang Soesatyo News Maker — Satu Dasawarsa The Politician Senayan’ yang akan dirilis pada saat hari ulang tahunnya ke-61 pada 10 September 2023 mendatang. Buku ini merupakan buku ke-3 yang ditulis rekan-rekan jurnalis senior angkatan Bamsoet saat dirinya bekerja sebagai wartawan di Harian Prioritas milik Surya Paloh tahun 90-an, setelah ‘Dari Wartawan ke Senayan’ (2018) dan ’60 Tahun Meniti Buih di Antara Karang’ (2022).

“Buku ini memuat rangkaian pernyataan publik saya sejak tahun 2006 dan 2007. Saat saya masih menjabat Ketua Komite Tetap Bidang Fiskal dan Moneter Kadin Indonesia yang kemudian berlanjut ketika saya terpilih sebagai anggota DPR RI pada tahun 2009, menjadi Ketua Komisi III DPR RI, Ketua DPR RI, hingga saat ini menjabat sebagai Ketua MPR RI,” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Ketua DPR ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, selain kumpulan pernyataan publik, di dalam buku ‘Bambang Soesatyo News Maker –Satu Dasawarsa The Politician Senayan’ juga dicantumkan beberapa tulisan atau opini terbaru dirinya yang sudah dipublikasi sejumlah media di dalam negeri. Ungkapan ‘News Maker’ untuk judul buku ini diambil dari penghargaan PWI News Maker Award yang dianugerahkan kepada Bamsoet pada 2010.

“Saya sepakat dengan rekan-rekan terdekat yang mengusulkan agar kumpulan pernyataan publik saya dikemas dalam sebuah buku, untuk kemudian dihadirkan ke publik. Saya setuju terutama untuk alasan bahwa buku ini bermanfaat karena bisa menginsipirasi para politisi muda,” kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Alumni Doktor Ilmu Hukum Unpad dan Kepala Badan Polhukam Kadin Indonesia ini menerangkan, rekan-rekan dirinya juga mengingatkan untuk rentang waktu yang relatif panjang, Bamsoet telah mewarnai ruang publik dengan rangkaian pernyataan publik dalam menyikapi dan menanggapi beragam isu. Mulai dari isu ekonomi, sosial, politik, ketertiban umum, pertahanan dan keamanan nasional hingga isu-isu dalam bidang penegakan hukum. Aktivitas ini sejalan dengan dorongan sesama rekan wartawan senior yang berpesan agar Bamsoet menjadi anggota DPR yang ‘bunyi’. Dalam arti harus responsif dengan menyuarakan ragam masalah yang menjadi perhatian masyarakat.

“Semasa menjabat Wakil Ketua Umum Kadin, saya memang membatasi penyikapan dan tanggapan pada isu-isu bidang ekonomi. Setelah menjadi anggota Komisi III DPR, saya merespons masalah atau isu tentang penegakan hukum, sosial dan isu-isu politik. Termasuk isu yang berkait dengan pertahanan dan keamanan nasional,” urai Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menerangkan, selain menanggapi pertanyaan langsung dari wartawan, dirinya juga merancang pernyataan tertulis pada setiap hari Sabtu. Pernyataan tertulis itu kemudian dikirimkan kepada wartawan pada hari minggu malam. Berkat aktivitas itulah Bamsoet dianugerahi PWI News Maker Award pada tahun 2010.

“Sekarang dan di kemudian hari, akan tampil banyak politisi muda menjadi anggota DPR atau DPRD. Saya berharap buku ini bisa menginspirasi mereka untuk memenuhi harapan konstituen dan masyarakat pada umumnya, Jadilah politisi yang responsif. Setiap isu atau masalah harus disikapi dengan bijaksana, proporsional dan didukung dengan data yang akurat,” pungkas Bamsoet. (PERS RILIS MPR RI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *