Otomotif

Ford Mustang GT3 Mobil Balap Berasal dari Kuda Hitam yang Didukung Pabrik

187
×

Ford Mustang GT3 Mobil Balap Berasal dari Kuda Hitam yang Didukung Pabrik

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (12/6/2023) — Ford Mustang GT3 adalah apa yang terjadi ketika model Dark Horse bertenaga V-8 yang baru diubah dari mobil jalanan yang tangguh menjadi mobil balap yang hebat. Membuat debutnya hari ini menjelang 24 Hours of Le Mans yang bersejarah tahun ini, Ford mengatakan secara resmi memasuki Mustang dalam kategori FIA GT3 global.

Kali ini tahun depan, Mustang GT3 yang didukung pabrikan akan berkompetisi di Le Mans 24 Jam. Namun itu setelah akan berkompetisi di seri balap lain mulai awal tahun 2024. Diantaranya adalah World Endurance Championship dan GTD Pro Class IMSA. Seri sebelumnya akan menampilkan dua entri oleh tim pelanggan pertama Ford, Proton Competition dari Jerman. Yang terakhir akan menampilkan sepasang entri dari tim pabrikan Ford Performance, yang akan dikelola oleh Multimatic Motorsports dan dimulai pada Rolex 24 2024 di Daytona.

Ford Performance telah membantu mengembangkan GT3 Mustang dari beberapa mitra lama. Multimatic akan membantu membangun dan mendukung mobil balap, sementara M-Sport akan membangun mesin, yang merupakan V-8 5.4 liter yang disetel untuk balapan berdasarkan mesin Coyote 5.0 liter baru yang mengembangkan 500 tenaga kuda di Mustang the Dark Horse. Pembaruan lain pada varian GT3 termasuk transaxle yang dipasang di belakang dan suspensi unik yang menggunakan pengaturan double-wishbone dengan panjang yang tidak sama.

Mengenakan livery mencolok dari Troy Lee, yang disebut-sebut sebagai salah satu desainer top motorsport, Stang spek GT3 juga menampilkan logo baru Ford Performance. Desain yang disederhanakan akan terpampang di semua kreasi balap FP, iklan, dan apa saja.

Di bawah bungkus warna-warni itu terdapat banyak sekali panel bodi serat karbon. Tidak ada yang salah dengan varian GT3 selain Mustang, tetapi penampilannya diubah secara signifikan. Keempat spatbor menggelembung, membuatnya lebih lebar. Ada banyak guntingan untuk meningkatkan aliran udara dan pendinginan juga.

Wajahnya benar-benar mengancam, dengan serat karbon terbuka yang mengelilingi asupan udara depan bagian bawah. Di atas adalah satu set lampu kabut untuk menerangi trek dengan lebih baik selama balapan malam hari dan dalam situasi dengan jarak pandang yang buruk. Di belakang ada sayap leher angsa besar yang tumbuh dari garis atap yang miring, bukan dari penutup geladak. Diffuser belakang yang menonjol juga terlihat seperti bisa memutuskan satu atau dua anggota tubuh.

Di dalam, Mustang GT3 tidak terlihat seperti mitra legal jalanannya — oke, pegangan pintunya sudah tidak asing lagi. Sebaliknya dipreteli untuk pengurangan berat maksimum, dilengkapi dengan roll cage untuk meningkatkan kekakuan dan keamanan, dan ada satu kursi balap Recaro yang menghadap ke roda kemudi yang tampaknya memiliki lebih banyak tombol dan sakelar daripada seluruh jajaran kendaraan listrik Volkswagen. (CARDRIVER)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *