Respons

Usut Tuntas Dugaan Korupsi Transaksi Antam yang Rugikan Negara Rp1,1 Triliun

158
×

Usut Tuntas Dugaan Korupsi Transaksi Antam yang Rugikan Negara Rp1,1 Triliun

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (22/1/2024), BAMSOETNEWS.COM — Kasus dugaan korupsi dalam transaksi PT Aneka Tambang (Antam) dengan tersangka Budi Said, terindikasi merugikan negara sebesar Rp1,1 triliun. Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Kejaksaan Agung dan Kepolisian untuk mengusut dan mengungkap kasus dugaan korupsi tersebut, dan terhadap terduga pelaku untuk dikenakan sanksi hukum dengan tegas sesuai peraturan yang berlaku.

“Kejaksaan Agung dan Kepolisian agar memastikan terduga pelaku mempertanggung jawabkan kerugian akibat dari perbuatan korupsi yang dilakukannya. Di samping mengganti rugi kerugian negara yang ditimbulkan perbuatannya,” kata Bamsoet di Jakarta, Senin (22/1/2024).

Pemerintah dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta segera menetapkan terduga pelaku sebagai tersangka, dan KPK tetap melaksanakan tupoksinya, termasuk menyusun strategi untuk menekan kasus korupsi di berbagai instansi atau lembaga negara. Selain menentukan target penurunan kasus korupsi di Indonesia untuk tahun 2024.

“Meminta pemerintah dan KPK juga melaksanakan langkah preventif untuk meminimalisir celah dilakukannya korupsi, yakni dengan mengedepankan akuntabilitas tiap lembaga atau instansi negara dan secara berkala melakukan penyusunan laporan keuangan atau realisasi anggaran yang akan diaudit lebih lanjut oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” tandasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *