Respons

Implementasikan Tema Peringatan Hari Pemberantasan Korupsi Sedunia

134
×

Implementasikan Tema Peringatan Hari Pemberantasan Korupsi Sedunia

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (8/12/2023), BAMSOETNEWS.COM — Hari Pemberantasan Korupsi Sedunia (Hakordia) diperingati pada tanggal 9 Desember. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tema Hakordia 2023 yakni ‘Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju’.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta KPK betul-betul mengimplementasikan tema yang diusung dalam peringatan tersebut yaitu, ‘Sinergi Berantas Korupsi’. Dalam pelaksanaan tupoksi-nya KPK dapat melibatkan masyarakat dan partisipasi publik untuk menelusuri dan membongkar kasus korupsi, di samping meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap akibat dari korupsi, dan diharapkan stakeholder terkait dapat bersinergi dalam memberantas korupsi.

“MPR meminta agar KPK menjadikan Hakordia sebagai momentum untuk terus meningkatkan upaya pemberantasan korupsi yang berkelanjutan, untuk mewujudkan Indonesia maju,” kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Pemerintah melalui Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPK) bersama KPK untuk menyusun strategi preventif dalam mencegah, menekan, dan meminimalisir terjadinya celah korupsi di tiap instansi dan lembaga di Indonesia. Karena, korupsi merupakan musuh bersama akibat dampak buruk yang ditimbulkan.

“Meminta seluruh aparat penegak hukum (polisi, jaksa, hakim, dan pengacara) berkomitmen bersama KPK untuk memberantas korupsi. Di antaranya dengan memberikan sanksi tegas sesuai peraturan perundangan yang berlaku terhadap koruptor, agar menimbulkan efek jera. Terutama bagi koruptor yang merugikan keuangan negara dan kesejahteraan masyarakat, serta tidak memberikan remisi atau memberikan keringanan hukum,” tandas Bamsoet.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *