Televisi

Seperti Ini Cara Setting STB untuk Bisa Nonton Siaran Digital yang Jernih

242
×

Seperti Ini Cara Setting STB untuk Bisa Nonton Siaran Digital yang Jernih

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (18/3/2023), BAMSOETNEWS.COM — STB merupakan singkatan dari Set Top Box, yakni alat yang memiliki fungsi untuk mengonversi sinyal digital sehingga pengguna televisi analog bisa mendapatkan siaran televisi digital.

Keberadaan STB membuat pemilik televisi analog tetap bisa menikmati siaran televisi digital tanpa membeli televisi baru. Untuk dapat menikmati siaran televisi digital, pemilik televisi analog perlu menyetel perangkat STB.

Berikut adalah cara setting STB di televisi analog agar bisa mendapatkan siaran televisi digital.
Matikan televisi dan stop kontak saat hendak memasang STB.

Masukan kabel sesuai dengan tempatnya, seperti kabel HDMI/RCA (sesuai jenis TV), kabel antena, kabel televisi, dan lain-lain. Pada tahap ini, pengguna wajib membaca buku panduan STB dan memerhatikan setiap label dalam STB serta TV.

Setelah kabel terhubung dengan sempurna, pengguna dapat mulai menyalakan stop kontak.

Nyalakan televisi terlebih dahulu dan arahkan ke mode sumber televisi HDMI/AV (sesuai jenis TV).
Nyalakan STB kemudian ikuti instruksi yang tertera.

Setelah itu, masuk ke “Menu” dan pilih “Pencarian Otomatis” untuk mencari saluran televisi secara otomatis.

Tunggu pencarian selesai dan siaran televisi digital pun sudah bisa dinikmati.

Setiap orang hendaknya menggunakan STB atau Set Top Box yang telah memiliki sertifikat perangkat dari Kominfo. Mengutip dari laman siaran digital.kominfo.go.id, data sampai tanggal 5 April 2023 terdapat 89 kategori STB yang bersertifikat.

Peralihan siaran televisi analog menjadi siaran televisi digital tentu memiliki tujuan. Salah satunya adalah agar masyarakat dapat memperoleh siaran televisi yang lebih jernih.

Mengutip dari buku berjudul Kamera dan Video Editing karya Widjaja (2008: 12), televisi digital memiliki hasil siaran dengan kualitas gambar dan warna yang jauh lebih baik dari yang dihasilkan oleh televisi analog.

Selain itu, masih dalam buku yang sama, Widjaja (2008: 12) pun menjelaskan bahwa siaran menggunakan sistem digital memiliki ketahanan terhadap gangguan dan mudah untuk diperbaiki kode digitalnya melalui kode koreksi eror.

Jadi, cara setting STB adalah cara yang perlu seseorang ketahui bila ingin mendapatkan siaran televisi digital. Selain itu, setiap orang juga perlu memastikan bahwa STB yang digunakan telah memiliki sertifikat perangkat dari Kominfo. (KUMPARAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *