Teknologi

Realme GT3 Diluncurkan, Ponsel Pertama dengan Pengisian Daya 240W Mendunia

396
×

Realme GT3 Diluncurkan, Ponsel Pertama dengan Pengisian Daya 240W Mendunia

Sebarkan artikel ini
Realme GT3 (DOKUMEN GSMARENA)

JAKARTA (1/3/2023), BAMSOETNEWS.COM — Beberapa minggu setelah debutnya di China, ponsel pertama di dunia dengan pengisian daya 240W siap naik ke panggung global. Realme GT3 akan tersedia di berbagai pasar dan akan menyebarkan kegembiraan mendapatkan muatan penuh dalam waktu kurang dari 10 menit.

Diduga, ini adalah versi global dari Realme GT Neo 5 240W. Ini memindahkan perangkat keras ke kategori yang lebih premium (Neos biasanya adalah mid-ranger), tetapi harganya tetap jauh di bawah tingkat unggulan – Realme GT3 akan memiliki harga mulai dari US$650 untuk model 8/128GB.

Ini akan menjadikannya salah satu ponsel Snapdragon 8+ Gen 1 termurah yang tersedia, terutama di luar China. Dan chipset andalannya bahkan bukan yang membuat ponsel ini unik. Tidak, ini adalah tiga teknologi pengisian daya “yang pertama di industri”.

Ponsel ini menggunakan tiga chip pengisian daya 100W untuk mencapai efisiensi transfer 98,5% selama pengisian daya (dan menyisakan banyak margin keamanan). Kekuatan itu berasal dari pengisi daya GaN ganda yang ukurannya sama dengan pengisi daya 150W Realme tahun lalu. Dan ketiga, ini adalah kabel USB 12A pertama karena sebelumnya tidak ada yang perlu mendorong arus sebanyak itu melalui USB.

Perusahaan mengklaim bahwa sistem 240W-nya akan menawarkan “daya pengisian tercepat untuk tahun-tahun mendatang, karena telah mencapai daya pengisian maksimum yang mungkin di bawah standar USB-C”. Nah, pesaing tertentu mungkin memiliki sesuatu untuk dikatakan tentang bagian terakhir itu, tetapi kenyataannya adalah bahwa tidak ada perusahaan yang menggunakan standar USB – mereka masing-masing memiliki teknologi sendiri dan tidak menggunakan USB PD Extended Power Range baru (yang membatasi arus ke 5A, bahkan dalam mode 240W).

Di samping persaingan inilah faktanya – realme GT3 memiliki baterai 4.600 mAh yang dapat terisi penuh dalam waktu sekitar 9 menit 30 detik. Dan jika entah bagaimana Anda tidak bisa menunggu selama itu, ponsel akan mencapai 20% hanya dalam 80 detik, 50% tercapai dalam 4 menit. TÜV Rheinland telah menguji sistem dan memberikan sertifikasi keamanannya. Namun, membuatnya aman bukanlah hal yang mudah.

Ponsel ini memiliki ruang uap besar berukuran 6.580mm² yang tidak hanya untuk menjaga Snapdragon 8+ Gen 1 tetap dingin selama bermain game. VC mencakup 61,5% baterai dan bersama dengan 13 sensor suhu, memastikan baterai tetap pada tingkat yang aman selama pengisian.

Sistem cerdas dapat beralih di antara beberapa mode – perjalanan, tidur, dan di dalam mobil – dan memilih kecepatan pengisian daya yang sesuai. Tetapi bahkan jika Anda hanya menggunakan mode 240W, baterai akan mempertahankan 80% dari kapasitas aslinya setelah 1.600 siklus.

Realme GT3 menampilkan “Pulse Interface System”, alias lampu RGB berbentuk C di belakang jendela kaca di samping tonjolan kamera. Ini digunakan selama pengisian. Jika Anda memulai dari baterai kosong, selama 80 detik pertama akan berkedip merah, kemudian selama 7 menit berikutnya akan berkedip ungu, kemudian hanya akan menyalakan lampu ungu stabil karena baterai akan terisi penuh pada saat itu.

Ini juga digunakan untuk notifikasi dan saat mengambil foto – saat menggunakan penghitung waktu mundur 10 detik, lampu akan bergantian biru, putih, dan oranye. Anda dapat menyesuaikan cahaya dengan memilih dari 25 warna, 2 jenis ritme, dan 5 mode kecepatan cahaya.

Bagi yang belum memperhatikan GT Neo 5, berikut adalah spesifikasi intinya dan GT3. Ada layar 6,74 inci di bagian depan, panel AMOLED 10-bit 144Hz dengan resolusi 1.240 x 2.772 piksel (20:9). Ini ditenagai oleh chipset SD 8+ Gen 1 seperti yang disebutkan dan menjalankan Android 13 dengan Realme UI 4.0 di luar kotak. Pengaturan kamera memiliki modul utama 50MP (1/1.56”, 1.0µm, OIS), 8MP ultra lebar (112°) dan mikroskop 2MP, plus kamera selfie 16MP.

Realme GT3 akan segera tersedia dalam konfigurasi berikut: 8/128GB, 12/256GB, 16/256GB, dan 16/512GB, plus varian khusus 16GB/1TB. Model 8/128GB akan dijual seharga $650. Ponsel ini akan tersedia dalam dua warna, Booster Black dan Pulse White. Waktu perilisannya akan bervariasi di setiap wilayah, sehingga akan mulai dijual pada bulan Mei atau Juni tergantung di mana Anda tinggal.

Perhatikan bahwa GT Neo 5 juga memiliki varian 150W dengan baterai 5.000 mAh, yang masih ada di China untuk saat ini. (GSMARENA.COM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *