Mobilitas

Buka Event Garrison Motoforge Gymkhana Experience Safety Skill and Contest 2023

270
×

Buka Event Garrison Motoforge Gymkhana Experience Safety Skill and Contest 2023

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (DOKUMEN MPR RI)

JAKARTA (12/2/2023), BAMSOETNEWS.COM – Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka event Garrison Motoforge Gymkhana Experience Safety Skill and Contest 2023, di area outdoor Gedung Nusantara III MPR. Event ini diselenggarakan atas kerja sama IMI Pusat di bawah koordinasi Direktur Mobilitas Sepeda Motor Joel D Mastana dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Korlantas Polri, Pusdik Lantas Polri, serta Garrison Motoforge.

Garrison Motoforge Gymkhana Experience Safety Skill and Contest 2023 diikuti ratusan bikers dari berbagai klub motor besar di Jabodetabek. Hal ini sebagai upaya mengedukasi para pengguna kendaraan motor, khususnya motor kubikasi mesin besar, tentang pentingnya kesadaran mewujudkan keselamatan berkendara dan berlalu lintas. Dengan demikian bisa menekan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Dalam event ini ada dua kegiatan utama, yakni Safety Skill Clinic dan Safety Skill Contest. Untuk Safety Skill Clinic, para pengguna kendaraan motor kubikasi mesin besar akan mendapatkan kelas, praktik, serta interaksi langsung dengan para instruktur berpengalaman. Mereka bisa sharing pengetahuan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang sering dihadapi pemotor saat berkendara di jalan raya. Sedangkan untuk Safety Skill Contest, terdapat dua perlombaan yakni Rodeo untuk pengguna Harley Davidson dan Gymkhana (Zig Zag Spiral, Slow ride, Pengereman, serta Trial 8) untuk pengguna motor besar lainnya,” ujar Bamsoet usai membuka Garrison Motoforge. Gymkhana Experience Safety Skill and Contest 2023, di area outdoor Gedung Nusantara III MPR, Minggu (12/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut Bamsoet menantang para pengelola jalan tol untuk membangun jalur khusus yang terpisah dengan jalur tol mobil bagi sepeda motor, agar bisa berkendara di jalan tol. Termasuk para pengelola jalan tol yang masih dalam perencanan pembangunan. Saat ini di Indonesia sudah memiliki jalan tol yang bisa dilalui sepeda motor, sebagaimana telah tersedia di Bali melalui Bali Mandara Toll Road serta Jagat Kerthi Toll Road yang sedang dibangun untuk mempermudah akses Gilimanuk – Mengwi.

Keberadaan jalan tol bagi sepeda motor bisa menyelamatkan banyak nyawa dan menekan angka kecelakaan sepeda motor di jalan raya. Selain juga dapat mengurai kepadatan jalan umum dengan kendaraan roda dua, serta dapat meningkatkan potensi pendapatan para pengelola jalan tol itu sendiri.

“Saya tantang para pengelola jalan tol, khususnya yang sudah mengeruk keuntungan besar dari hak pengelolaan jalan tol selama ini, untuk ikut memikirkan pembangunan jalur khusus sepeda motor tanpa dana pemerintah. Jalur tol khusus sepeda motor tersebut dapat dibuat di sisi kanan dan kiri jalur tol yang masih ada lahan kosongnya. Seperti di tol Trans Jawa, Cipularang, maupun tol Jagorawi,” kata Bamsoet.

Dipaparkan, menurut data Korlantas Polri, sampai November 2022 tercatat jumlah kendaraan bermotor di Indonesia dari mulai mobil pribadi, bus, mobil barang, sepeda motor, hingga kendaraan khusus sudah mencapai 151,9 juta unit. Khusus untuk sepeda motor, sudah mencapai 126 juta unit. Terbesar berada di Jawa Tengah (17,6 juta unit), Jawa Timur (17,3 juta unit), DKI Jakarta (17,1 juta unit), dan Jawa Barat (15,7 juta unit).

Data Korlantas Polri juga mencatat, jumlah kecelakaan lalu lintas di seluruh Indonesia sejak Januari hingga September 2022 lalu mencapai 94.617 kasus atau naik 70 ribu kasus dibanding periode yang sama pada tahun 2021. Serta mengakibatkan 19.054 orang menjadi korban jiwa atau naik 683 korban jiwa dibanding periode yang sama pada tahun 2021.

“Data lain dari Kementerian Perhubungan mengungkapkan, tiap satu jam, rata-rata 2-3 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Kerugian ekonomi akibat kecelakaan itu diperkirakan mencapai 2,9% hingga 3,1% dari pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2020, atau setara dengan Rp44 triliun hingga Rp47,8 triliun dengan total PDB sebanyak Rp15.434 triliun. Karena itu, event seperti Garrison Motoforge Gymkhana Experience Safety Skill and Contest 2023 ini sangat penting untuk diselenggarakan,” pungkas Bamsoet.

Turut hadir antara lain, Kapusdik Lantas Polri Kombes Pol Djoni Hendra, Deputi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Direktur Utama Garrison Motoforge Alex, Direktur Sales and Marketing PT JLM Auto Indonesia yang merupakan distributor resmi Harley-Davidson Irvino Edwardly. Hadir pula Direktur Mobilitas Sepeda Motor IMI Pusat Joel D Mastana, Komunikasi dan Media IMI Pusat Hasby Zamri, Kabid Olahraga Sepeda Motor IMI DKI Jakarta Supriyono, serta berbagai klub motor besar seperti B’Brothers, Anak Elang Jakarta Chapter, HDCI Jakarta, dan Hogers Indonesia. (PERS RILIS MPR RI)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *